5 jenis bawang yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari

jenis bawang

Bawang adalah salah satu rempah-rempah yang hampir selalu digunakan didalam kehidupan sehari-hari. jenis rempah-rempah ini biasanya digunakan sebagai tambahan untuk masakan baik itu jenis makanan berkuah seperti bakso, soto maupun tidak berkuah seperti nasi uduk dan lain sebagainya. bawang memiliki penikmatnya tersendiri didunia kuliner, karena dengan adanya bawang akan memberikan rasa nikmat berupa gurih pada makanan yang hendak mereka makan.
Taukah kamu bahwa ada 5 jenis bawang yang paling banyak digunakan dalam masakan diseluruh dunia. diantaranya yaitu :

1. Bawang bombay

bawang bombay
      Bawang bombay adalah bawang dengan jenis daun berbentuk pipa dan bentuk irisan daun seperti lingkaran dengan diameter bawang 3-4 cm. bawang bombay memiliki aroma  khas tersendiri jika dijadikan bumbu masakan dibandingkan dengan bawang merah biasa.
      Selain memiliki aroma khas tersendiri bawang bombay juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak, diantaranya antioksidan alami sebagai penekan efek sinogenik radikal bebas dan juga sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit flu, kembung , maag, mual dan membunuh cacing dalam perut. untuk penanamannya sendiri biasanya bawang bombay ditanam diketinggian diatas 800 meter diatas permukaan laut.

2.Bawang merah

bawang merah

     Bawang merah adalah jenis bawang yang versi kecil dari bawang bombay. bawang merah memiliki bentuk irisan seperti lingkaran dengan diameter bawang 1-2.5cm. bawang merah dapat dibudidayakan didataran tinggi dan rendah tidak seperti bawang bombay yang harus diatas ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.
      Bawang merah biasa digunakan dalam masakan sebagai tambahan rasa gurih pada masakannya seperti untuk tambahan soto, bakso dan juga yang lainnya. selain digunakan sebagai tambahan masakan bawang merah juga biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit dan membunuh bakteri.


3. Bawang putih

      Bawang putih adalah bawang dengan umbi berbentuk bundar dengan siung berjumlah 8-20 siung yang seluruhnya diliputi dengan 3-5 selaput tipis berupa kertas berwarna agak putih. bawang putih biasa digunakan sebagai penyedap masakan terutama sambal. selain digunakan sebagai penyedap makanan bawang putih juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai obat anti kanker.

4.Bawang daun

daun bawang
      Bawang daun adalah bawang dengan jenis daun yang dikonsumsi berupa daunnya sebagai tambahan masakan. Bawang daun memiliki kalori rendah sehingga bisa dimakan mentah-mentah ataupun dimask bareng dengan masakan laainya tergantung selera anda.
      Bawang daun biasa digunakan sebagai tambahan untuk memasak telur dadar ataupun  mie ayam. didalam bawang daun terdapat banyak nutrisinya yang baik untuk tubuh manusia diantaranya adalah vitamin A, viamin C, vitamin B2 dan masih banyak yang lainnya. 

5. Kucai

kucai
    Kucai adalah bawang dengan jenis daun yang digunakan sebagai pelengkap masakan. perbedaan kucai dengan daun bawang daun adalah daun kucai lebih kecil dari bawang daun, kemudian kucai cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bawang daun dan bagian bawah bawang daun  hingga akarnya berwarna putih sedangkan  eluruh permukaan kucai dari ujung ke ujung berwarna hijau pekat.
     Kucai biasanya digunakan untuk tambahan pada bubur ayam ataupun untuk tambahan memasak telur dadar sama seperti bawang daun.kucai jika dimasak dengan tepat maka akan memberikan manfaat untuk tubuh anda karena didalam kucai terdapat banyak vitamin dan mineral seperti daun bawang.


demikian 5 jenis bawang yang paling banyak digunakan sebagai bumbu dapur, semoga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar