Bawang bombay, manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan


bawang bombay

    Bawang bombay sangat umum digunakan didalam masakan. selain digunakan untuk menambah citra rasa masakan bawang bombay juga banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan. tanaman jenis bawang-bawangan ini mengandung banyak nutrisi dan zat yang diduga dapat berpengaruh untuk menyembuhkan kesehatan. tidak mengherankan jika bawang bombay seringkali digunakan sebagai obat-obatan.

Bawang bombay memiliki nutrisi yang tinggi

    Bawang bombay memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, dalam 100gram bawang bombay memiliki nutrisi  kurang lebih 40 kalori, 9.3 gram karbohidrat, 1.7gram serat,1.1 gram protein dan 4.2 gram gula. selain itu terdapat nutrisi lain didalam kandungan bawang bombay diantaranya yaitu vitamin C,vitamin vitamin B6, folat, dan kalium.
    bawang bombay adalah makanan dengan rendah kalori namun banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral serta serat. jadi tidaklah mengherankan jika bawang bombay juga bisa dijadikan obat-obatan.

Manfaat dan Khasiat Bawang bombay

Dikarenakan didalam bawang bombay terdapat zat-zat yang bermanfaat dan berkhasiat bagi tubuh. bawang bombay diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang ada didalam tubuh. diantara manfaat dan khasiat mengkonsumsi bawang bombay diantaranya yaitu :

1. Menyehatkan Jantung

Senyawa dan antioksidan yang terkandung didalam bawang bombay memiliki manfaat dan khasiat untuk meredakan peradangan pada jantung, menurunkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida. dengan kata lain mengkonsumsi bawang bombay memiliki manfaat dan khasiat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

2. Menurunkan Resiko kanker

Senyawa organosulfur yang terkandung didalam bawang bombay memiliki khasiat dan manfaat mengurangi resiko munculnya kanker lambung dan kolorektal. selain itu juga didalam bawang bombay terdapat vitamin C yang memiliki manfaat dan khasiat untuk mencegah pembentukan radikal bebas pada tubuh, sehinga dengan adanya hal demikian resiko kanker bisa berkurang.

3. Melawan Bakteri

Mengkonsumsi bawang bombay setiap hari dapat melawan bakteri jahat yang ada ditubuh misalnya Eschericia coli, Bacillus cereus, Staphylococcus aureus hingga Pseudomonas aeruginosa. hasil ekstrasi dari bawang bombay yaitu quercetin yang berasal dari kulit bawang bombay terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA)

4. Menurunkan Kada Gula Darah

Selain bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri di tubuh, quarcetin yang terdapat didalam bawang bombay memiliki manfaat dan khasiat lain yaitu dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

5. menyehatkan sistem pencernaan

Bawang bombay merupakan sumber serat dan prebiotik yang  memiliki manfaat dan khasiat terbaik bagi pencernaan tubuh. bakteri usus baik memecah serat prebiotik kemudian menyerap prebiotik untuk dirubah menjadi asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat. ketiga asam tersebut memiliki manfaat dan khasiat bisa memperkuat kesehatan usus,  meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan didalam lambung


Mendapatkan manfaat dan khasiat dari bawang bombay, terdapat beberapa cara untuk mengolahnya sebelum dikonsumsi oleh anda. Bawang bombay dapat dioleh dengan cara dipanggang, direbus, digoreng, ditumis, maupun dimakan mentah dalam campuran salad. akan tetapi perlu diingat, Mengonsumsi bawang bombay secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung atau bahkan diare.

Posting Komentar

0 Komentar